Pengertian sistem (softskill)

Assalamualaikum Wr Wb.

Kali ini saya akan membuat tuisan tentang sistem. Ini adalah tugas softskill pertama saya di perkuliahan semester 5. sebelum saya menjelaskan apa itu sistem menurut bahasa yang saya pahami. saya akan merangkum pengertian sistem dari berbagai sumber dan para ahli. Berikut adalah informasinya :

1. L. James Havery
Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.

2. John Mc Manama
Menurutnya sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.

3. Edgar F Huse dan James L. Bowdict
Menurutnya sistem adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan.

4. Wikipedia Indonesia

Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.

5. Karya Tulis Ilmiah

Kata “sistem” (stelsel dalam Bahasa Belanda) secara leksikal dapat diartikan sebagai sekelompok bagian-bagian yang bekerja bersama-sama untuk melakukan sesuatu maksud  atau sebagai cara (metode) yang teratur untuk melakukan sesuatu. Secara etimologis, kata “sistem” merupakan hasil adopsi dari kata asing “system” (Bahasa Inggris) atau “systemata” (Bahasa Yunani) dengan arti “suatu kesatuan yang tersusun secara terpadu antara bagian-bagian kelengkapannya dengan memiliki tujuan secara pasti” atau “seperangkat komponen yang bekerja sama guna mencapai suatu tujuan tertentu”. Pada pihak lain, sistem juga diartikan sebagai “suatu susunan atau tatanan yang teratur, suatu keseluruhan yang terdiri atas bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain, tersusun menurut suatu rencana atau pola, hasil dari suatu penulisan untuk mencapai suatu tujuan”. Dikaji dari substansinya, antara berbagai pengertian itu tidaklah ada perbedaan, hanya cara pengungkapannya yang berbeda-beda.

Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara dimana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.

Kata “sistem” banyak sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari, dalam forum diskusi maupun dokumen ilmiah. Kata ini digunakan untuk banyak hal, dan pada banyak bidang pula, sehingga maknanya menjadi beragam. Dalam pengertian yang paling umum, sebuah sistem adalah sekumpulan benda yang memiliki hubungan di antara mereka.

Dari rangkuman yang saya buat diatas, tampak jelas inti argumentasi antara 1 dengan lainnya tidaklah jauh berbeda. Dari ke 5 pendapat yang saya rangkum, kita dapat menyimpulkan bahwa yang namanya sistem akan selalu berkaitan dengan 3 hal. yaitu saling terhubung, saling  berketergantungan, dan akan saling mempengaruhi antara satu elemen dengan elemen lainnya. jadi menurut saya, Sistem adalah sekumpulan elemen yang sengaja dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu, yang saling terhubung, bekerja sama, dan mempengaruhi satu sama lain, yang apabila salah satu dari asas itu terganggu, maka rusaklah sistem tersebut.

untuk keterangan lebih jelas mengenai sistem dan ingin mengetahui elemen dalam sistem dan jenis sistem dapat langsung dilihat disini

One thought on “Pengertian sistem (softskill)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s