Pengertian Informasi (softskill)

Sama seperti tulisan sebelumnya, kali ini saya akan merangkum pengertian informasi dari berbagai sumber yang saya cari melalui search engine google. dan akan saya evaluasi dari apa yang telah saya rangkum.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi informasi menurut beberapa ahli:

1. JONER HASUGIAN
Informasi adalah sebuah konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media.

2. KENNETH C. LAUDON
Informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.

3. ANTON M. MOELIONO
Informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan.

4. GORDON B. DAVIS
Informasi adalah data yang telah dirposes/diolah ke dalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nantinya.

5. ROBERT G. MURDICK
Informasi terdiri atas data yang telah didapatkan, diolah/diproses, atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan/penerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau pembuatan keputusan.

6. Wikipedia Indonesia

Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan. Hal ini dapat dicatat sebagai tanda-tanda, atau sebagai sinyal berdasarkan gelombang. Informasi adalah jenis acara yang mempengaruhi suatu negara dari sistem dinamis. Para konsep memiliki banyak arti lain dalam konteks yang berbeda.Informasi bisa di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Namun demikian, istilah ini memiliki banyak arti bergantung pada konteksnya, dan secara umum berhubungan erat dengan konsep seperti arti, pengetahuan, negentropy, Persepsi, Stimulus, komunikasi, kebenaran, representasi, dan rangsangan mental.

Dari Rangkuman diatas, Saya menyimpulkan bahwa informasi adalah buah dari pemrosesan data, sebuah informasi tidak akan terbentuk tanpa adanya data. atau dengan kata lain data adalah bahan pokok dari sebuah informasi.

Saya akan mencoba mengambil contoh informasi klasemen Liga sepakbola EPL. dalam informasi tersebut, terdapat sekumpulan data yang berkaitan dengan kompetisi EPL. Data tersebut adalah nama klub, jumlah main, jumlah menang, jumlah seri, jumlah kalah, jumlah SG, dan jumlah poin yang diperoleh. Data data tersebut diperoleh dari hasil pertandingan dilapangan, lalu diproses dengan hitungan matematis, dan hasilnya dimasukkan kedalam sebuah tabel, dan meghasilkan output sebuah informasi yang dapat disampaikan ke masyarakat.

One thought on “Pengertian Informasi (softskill)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s