Sumbangan aksi demo mahasiswa terhadap Negara (Softskill)

Di belahan dunia manapun. dimana ada aksi demo yang berhubungan dengan masyarakat, pasti ada mahasiswa dari negara tersebut yang turut berperan serta. dan di Indonesiapun tentunya! kita semua tahu, bahwa hampir setiap aksi protes rakyat terhadap keputusan pemerintah sangatlah membutuhkan peran dari para Mahasiswa agar aksi demo tersebut dapat didengar oleh pejabat pemerintah, walaupun menurut saya banyak aksi demo yang dilakukan mahasiswa tidak didengar oleh pemerintah dan hanya menimbulkan kerugian saja..pada artikel kali ini saya akan membahas tentang sumbangan mahasiswa terhadap negara Indonesia yang kita cintai ini,.

Pada tanggal 1 April tahun 2012, rencana pemerintah untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak atau yang selama ini kita kenal dengan BBM. dibatalkan!  karna berhari hari sebelum tanggal tersebut tidak henti hentinya aksi demo dilakukan di berbagai penjuru negara. para buruh, pedagang, karyawan, sampai pejabat pemerintah daerah pun turut serta dalam aksi demo tersebut, dan tidak terkecuali bagi para mahasiswa. dengan almamater yang dikenakan dibadan mereka, mereka melakukan aksi demo dengan berbagai aksi. dari mulai memblokir jalan, membuat spanduk spanduk yang berisikan kalimat protes kepada pemerintah, membakar boneka bonekaan yang dikepalanya dipasang foto pejabat pemerintah, menyanyikan iyel iyel, dan ada pula yang menghancurkan fasilitas negara. dan masih banyak lagi yang bahkan tidak saya ingat.

Dari aksi demo mahasiswa yang saya jelaskan diatas. dapat disimpulkan bahwa di negri ini, terdapat 2 golongan pendemo dari kalangan mahasiswa. yang pertama pendemo wajar dan sesuai aturan. dan yang kedua adalah mereka yang membuat onar alias anarkis. golongan yang ke 2 ini lah yang sangat disayangkan. Mereka yang melakukan tidakan anarkis menurut saya tidak layak disebut mahasiswa. karna setiap manusia yang memiliki gelar mahasiswa seharusnya termasuk dalam kaum intelek. atau kaum yang sudah dapat membedakan antara benar dan yang salah. dan dapat mengambil keputusan yang tepat setelahnya. atau dengan kata lain seharusnya lebih menggunakan otak dari pada otot. itu seharusnya lho. tapi realitanya, banyak juga yang berpendapat jika tidak ada aksi anarkis, maka para pejabat pemerintah akan tetap tutup kuping atau tidak mendengarkan suara rakyatnya. kalau sudah begini siapa yang salah ya??

Jujur sudah hampir 2 tahun saya menjadi mahasiswa dan belum pernah sekalipun mengikuti aksi demo. bukan karna saya tidak ingin seperti mahasiswa lainnya. tetapi karna di kampus tempat saya belajar hampir tidak pernah mengadakan demo. kalaupun pernah saya belum tau itu kapan. hmmm.. tapi jangan dibilang kampus saya kampus egois ya.. karna memang di universitas saya tidak ada fakultas ilmu sosial dan politik yang secara notabone berhubungan dengan politik. tapi sumbang asih universitas saya terhadap negara cukup banyak juga lho.. walaupun tidak harus direalisasikan dengan demo.. hehe ^_^

Jadi kesimpulan dari artikel ini. Peranan mahasiswa dalam aksi demo di negri ini sangatlah penting, bahkan untuk di negri ini aksi anarkispun masih dibutuhkan. walaupun merugikan negara, tapi bisa berdampak positif buat rakyatnya. sulit dipikirkan secara logika memang, tapi itulah kenyataannya. masih banyak problem di negri ini yang harus dibenahi. dan untuk membenahi negara ini menjadi lebih baik. marilah kita benahi diri kita masing-masing agar menjadi lebih baik lagi..🙂

Tinggalkan Balasan

